Senin, 29 Agustus 2016

Sakit Yang Mendapatkan Pahala

SAKIT YANG MENDAPAT PAHALA

Hello Sahabat Blogger, dalam artikel kali ini saya ingin membahas tentang sakit yang mendapa pahala, seperti yang kita ketahui bahwa nikmat Allah SWT yang paling nimkat adalaha nikmat Sehat. Tapi bagai mana kalau kita sakit?.


(buat sahabat yang sedang sakit tidak usah risau, okeh tanpa panjang lebar mari kita baca aja selengkapnya. di tag masing-masing yahh.??)

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”

Orang yang mendapat cobaan sakit itu besar pahalanya bila ia bersabar, tidak banyak mengeluh dan berserah diri pada Allah. Meskipun demikian,tidak boleh menengahdakan kedua tangan mengharapkan kesembuhan dari taqdir Allah, tanpa disertai usaha mencari kesembuhan. Sebab perbuatan semacam ini sama dengan menunjukkan kedunguannya, dan salah dalam memahami pengertian taqdir.
Bukankah setiap kesembuhan itu harus didahului dengan ikhtiyar lebih dahulu. Kalau toh ada orang sakit dan sembuh tanpa ikhtiyar, ini jumlahnya tidak banyak, dan meraka ini adalah orang-orang istimewa dihadapan Allah.

AGAR MENDAPAT PAHALA DIWAKTU SAKIT
Orang sakit yang paling baik adalah berusaha mencari kesembuhan, dengan tetap bersabar menerima cobaan dari Allah. Setelah berobat atau mencari kesembuhan baru bertawakkal kepada Allah, sebab Allah-lah yang menyembuhkan dan yang memberi penyakit.
Oleh karena itu, orang sakit akan mendapat pahala bila ia bersabar. Sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah SAW yang artinya:

"Bila seorang hamba sakit selama tiga hari maka dosanya keluar sebagaimana hari dilahirkannya oleh sang ibu".
(H.R. Thabrani. Irsyadul Ibad, hal: 29)

Ada juga hadits Shahih yang mengatakan:
"Barangsiapa yang harta bendanya atau tubuhnya terkena musibah lantas dirahasiakannya, tidak mengadukannya kepada manusia maka hak bagi Allah untuk memberikan pengampunan".
(Irsyadul Ibad, hal: 29)

ADAB SAKIT

Yang paling penting adalah dikala sedang sakit hendaknya memperhatikan adabnya agar hubungan dengan Allah tidak semakin jauh tetapi mala semakin dekat.

Lakukanlah adab ini dengan sungguh-sungguh supaya terhindar dari akhlak yang buruk. Adapun diantara adab orang sakit adalah:

1. Bersabar ketika sedang sakit.
Artinya tidak banyak mengeluh, apalagi sampai menyalahkan Allah. Tapi hendaknya sakit itu diterima dengan penuh kesabaran.

2. Tidak gelisah dan cemas.
Juga tidak banyak mengeluh, tetapi ridla dengan penyakit yang ditaqdirkan Allah. Dengan demikian kesabaran dalam sakit ini akan mendapat pahala.

3. Banyak berdo'a.
Artinya banyak berdo'a pada Allah, memohon agar sakit yang diderita segera sembuh.

4. Berikhtiyar berobat.
Selalu mencari kesembuhan (obat) dari penyakit yang diderita kepada ahlinya, dengan tetap memohon pertolongan kepada Allah. Bila jatuh sakit kemudia pasrah sepenuhnya kepada Allah, tanpa ada usaha untuk mencari kesembuhan dari penyakitnya itu, maka tindakan seperti ini dinilai salah, dan kurang memahami makna tawakkal.

5. Gunakan obat yang berfaedah.
Yakinilah bahwa kesembuhan itu ditangan Allah bukan ditangan obat, tabib atau dokter.

6. Tetap melakukan shalat.
Jangan sekali-kali meninggalkan shalat meskipun dalam keadaan sakit. Sebab shalat adalah kewajiban yang tidak bisa ditinggalkan dalam keadaan apa pun selama kesadarannya masih sehat.

7. Minta bantuan orang lain untuk berwudhu.
Diperbolehkan minta bantuan orang lain jika tidak mampu berwudhu sendiri.

8. Bersyukurlah jika sembuh.
Banyaklah bersyukur pada Allah jika telah sembuh dari penyakit.

9. Memohon diberi umur panjang.
Maksudnya, memohon kepada Allah agar diberi umur panjang untuk menjalankan keta'atan pada-Nya.

10. Jangan melupakan jasa orang yang merawat.
Setelah kita sembuh janganlah kita melupakan jasa orang yang sudah senantiasa menemani, menghibur dan merawat kita pada saat kita sedang sakit. Doakanlah mereka agar selalu diberikan kesehatan.

Baca Juga Artikel Bisnis:
Tips Memulai Dropship

Itulah beberapa hal yang dapat meemberikan pahala pada saat kita sedang sakit. Semoga artikel kali ini dapat memberikan manfaat  didunai dan diakhirat kelak bagi yang membacanya dan untuk yang sedang sakit semoga lekas diberikan kesembuhan. Syaafakallah dan Syaafakillah. Aamiin. Apabila ada masukan atau tambahan silahkan tuliskan dikolam komentar. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam pengetikan dalam suatu kata atau kalimat karena saya juga manusia. Terimakasih.
Follow=Follback.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar