Minggu, 28 Agustus 2016

BerSumpah Dengan Selain Nama Allah SWT

BerSumpah Dengan Selain Allah




Hello Sahabat Blogger, dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang bersumpah dengan selamain Nama Allah SWT. (kita semua pasti pernah ngucapin "Swear", tp tidak tau akibatnya. baca aja selengkapnya. ditag masing-masing yahh). Okeh, tanpa panjang lebar mari kita langsung bahas saja penjelasannya.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”

Sebagian manusia, suka bersumpah dengan selain Allah dalam ajaran mereka, misalnya: 'Demi hidupmu, demi dirimu, demi hidup dan kehormatan, demi Nabi dan lain-lain. Atau seringkali terjadi dalam masyarakat kita adalah swear, sumprit, dan lain-lain yang tidak mengatas namakan Allah SWT.

Wajub Baca Juga Artikel Agar Menambah Ilmu Kita:

Karena semua sumpah ini tidak diucapkan atas nama Allah, maka hal itu merupakan perbuatan syirik. Apa yang dikatakannya tidak dia persaksikan atas nama Allah melainkan persaksian atas nama atau demi-demi yang lain.

Merujuk pada hadits dari Ibnu Umar bahwasannya Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang bersumpah demi selain Allah, maka dia telah syirik (menyekutukan Allah)".
(Hadits Riwayat Al-Hakim dan diShahihkan olehnya. At-Tirmidzi dan dihukumi sebagai hadits Shahih. Al-Al Bani menghukumi hadits ini sebagai hadits shahih dalam Shahig Al-Jami' {6204}, dan dalam Silsilah Ash-Shahihah {2042})

Barangsiapa yang terbiasa melakukan sumpah seperti ini, maka ketika dia lalai dan bersumpah atas nama selain Allah. hendaknya dia langsung mengiringhnya dengan ucapan.: Laa ilaha illallah.

Hal ini mengacu pada hadits yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah bahwasannya Nabi SAW bersabda:

"Barangsiapa diantara kalian yang bersumpah dan dalam sumpahnya mengucapkan: (maav ya) 'Demi Latta dan Uzza', hendaknya ia mengucapkan: 'Laa ilaha illallah'. Dan barangsiapa yang mengatakan kepada kawannya: 'Kemarilah, saya akan bertaruh denganmu', maka hendaklah ia bersedekah".
(Hadits Shahih Riwayat Al-Bukhari dan Muslim)

Baca Juga Artikel Bisnis:

Semoga artikel kali ini dapat memberikan manfaat  didunai dan diakhirat kelak bagi yang membacanya dan membuat kita semakin beriman kepada Allah SWT dan Rasulnya dan tidak menggunakan sumpah Selain Nama Allah SWT.. Aamiin. Apabila ada masukan atau tambahan silahkan tuliskan dikolam komentar. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam pengetikan dalam suatu kata atau kalimat karena saya juga manusia. Terimakasih.
Follow=Follback.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar